Langsung ke konten utama

SEPATU BERMATA DUA UNTUK ANAK TUNA NETRA


Penderita tuna netra mengalami kesulitan ketika hendak berjalan. Mereka harus tergantung pada tongkat. Nah, bagaimana agar mereka tak tergantung dengan alat bantu tersebut?
Muhammad Luqman dan Faishal Fuad Rahman dari SMA Negeri 2 Yogyakarta menciptakan “Sepatu Bermata Dua”, sepatu yang dilengkapi dengan perangkat robotik untuk mengatasi masalah tersebut, menghapus ketergantungan penderita tuna netra pada tongkat.
Perangkat robotik yang digunakan adalah jenis line follower. Perangkat ini disematkan pada sepatu penderita tuna netra. Sebagai sumber daya, dipakai baterai ponsel. Sementara, pada bagian bawah sepatu terdapat sensor yang dapat mendeteksi warna.
“Pada dasarnya sepatu ini bekerja dengan mendeteksi warna,” kata Luqman. Untuk mendukung kinerja perangkat ini, penyedia fasilitas gedung atau trotoar tinggal mendesain ubin dengan warna hitam dan putih, dengan warna hitam sebagai jalur bagi penderita tuna netra. Warna hitam bisa juga diganti dengan warna gelap lainnya.
“Dengan sepatu ini, penderita tuna netra tinggal berjalan tanpa perlu tongkat. Sewaktu-waktu pengguna keluar dari jalur, maka sepatu akan berbunyi, jadi penderita bisa kembali ke jalurnya,” kata Luqman saat ditemui dalam pameran karya finalis National Young Invovation Award yang diadakan LIPI minggu lalu.
Menurut Luqman, perangkat robotik didesain bisa dipasang dan dilepas sehingga penderita tuna netra bisa berganti sepatu. Ke depan, Luqman dan Faishal berencana untuk merancang perangkat menjadi lebih ringkas sehingga tidak menyulitkan penderita tuna netra. “Akan bagus kalau ada vendor yang mau bekerja sama,” cetus Luqman.

Sumber : http://denissa.blog.imtelkom.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIK ANAK TUNANETRA

ANAK TUNANETRA A.  Pengertian Tunanetra Pengertian tunanetra menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tidak dapat melihat (KBBI, 1989:p.971) dan menurut literatur berbahasa Inggris  visually handicapped  atau visual impaired.  Pada umumnya orang mengira bahwa tunanetra identik dengan buta, padahal tidaklah demikian karena tunanetra dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori. Anak yang mengalami gangguan penglihatan dapat didefinisikan sebagai anak yang rusak penglihatannya yang walaupun dibantu dengan perbaikan, masih mempunyai pengaruh yang merugikan bagi anak yang yang bersangkutan (Scholl, 1986:p.29). Pengertian ini mencakup anak yang masih memiliki sisa penglihatan dan yang buta. Dengan demikian, pengertian anak tunanetra adalah individu yang indera penglihatannya (kedua-duanya) tidak berfungsi sebagai saluran penerima informasi dalam kegiatan sehari-hari seperti orang awas. B.  Klasifikasi Anak Tunanetra Klasifikasi yang dialami o...

PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI ANAK CI+BI

Pengertian Anak Gifted (CIBI Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa) Anak gifted adalah anak yang memiliki kemampuan intelektual tinggi (gifted) serta menunjukan penonjolan kecakapan khusus yang bidangnya berbeda-beda antara anak satu dengan anak yang lain (talented) Perbedaan anak gifted dan talented: Gifted anak gifted menunjukan kemampuan berfikir denagn ditandai IQ tinggi (>= 140) disamping cenderung menunjukan kecakapan khusus yang menonjol pada suatu bidang ilmu pendidikan tertentu dimana antara gifted satu sama dengan yang lain bidangnya tidak sama. Talented Anak talented hanya menunjuukan satu bidang kemahiran khusus saja. Misalnya seni music, drama, mengarang, melukis dan sebagainya. Namun kemahiran ini berarti luar biasa dalam mengetahui. Misalnya dalam musik, anak talented berarti mengetahui irama, nada, keselarasan, interpretasi, keterampilan dalam memainkan alat music dan lain-lain. Kemahiran tersebut berasal dari bakat bawaan anak,. Jadi, talent = penonjolan pada suatu bida...

Prinsip Orientasi dan Mobilitas Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra